Mantra atau Doa untuk Memuja Dewa Wisnu, Penuh Ketenangan

 Mantra atau Doa untuk Memuja Dewa Wisnu, Penuh Ketenangan

Ilustrasi Dewa Wisnu oleh Pxfuel/ ortibali

 

ORTIBALI.COM – Berikut merupakan doa untuk memuja Dewa Wisnu. Diketahui bahwa Dewa Wisnu merupakan bagian dari Tri Murti bersama Brahma dan Siwa.

Dalam kepercayaan Hindu, Dewa Wisnu bertugas sebagai dewa pemelihara. Cakra adalah senjata dari Dewa Wisnu dan Burung Garuda merupakan kendaraannya.

Sakti dari Dewa Wisnu adalah Dewi Sri. Dan berikut ini adalah mantra atau doa untuk memuja Dewa Wisnu.

1. Vishnu Mukti (Liberation) Mantra

ॐ नमो भगवते वासुदेवाय ।।

Om Namo Bhagavate Vasudevaya।।

Artinya:

Terjemahan dari mantra Wisnu ini adalah sebagai berikut, “Saya bersujud di depan Tuhan yang bersemayam di dalam hati setiap orang”.

Mukti secara sederhana berarti kebebasan atau pembebasan. Mantra Wisnu Mukti adalah mantra yang sangat kuno dan kuat yang konon diciptakan oleh Dewa Wisnu sendiri.

Mantra ini memohon perlindungan dan berkah dari Dewa Wisnu, yang dianggap sebagai pemelihara alam semesta. Mantra ini juga membantu dalam mengembangkan rasa kasih sayang kepada sesama manusia, yang merupakan salah satu tujuan terpenting dari umat manusia.

2. Shri Vishnu Mantra

“त्वमेव माता च पिता त्वमेव त्वमेव बन्धुश्च सखा त्वमेव ।

त्वमेव विद्या द्रविणम् त्वमेव त्वमेव सर्वम् मम देव देव ॥”

“Tvameva Maataa Ca Pitaa Tvameva Tvameva Bandhush-Ca Sakhaa Tvam-Eva

Tvameva Viidyaa Dravinnam Tvam-Eva Tvameva Sarvam Mama Deva Deva।।”

Artinya:

Terjemahan dari mantra ini berbunyi, “Oh Tuhan, Engkau adalah ayah dan ibuku, Engkau juga teman dan saudaraku, kekayaan dan pendidikan-Mu, aku melihat harapan dan keselamatanku di dalam-Mu”.

Penting untuk mengucapkan mantra Shri Wisnu ketika seseorang menghadapi suatu masalah atau membutuhkan bimbingan.

Orang bijak percaya bahwa mengucapkan mantra ini membantu para penyembah untuk mendapatkan konsentrasi dan Dewa Wisnu membimbing mereka di setiap fase kehidupan mereka.

3. Moola Vishnu Mantra

ॐ नमो नारायण ।।

Om Namo Narayanaya।।

Artinya:

Mantra ini merupakan sebuah penghormatan kepada Dewa Wisnu, yang berarti, “Saya bersujud di hadapan Yang Maha Kuasa”.

Mengucapkan mantra ini dipercaya dapat membawa seseorang ke tempat tinggal Dewa Wisnu, yaitu Vaikuntha di mana para penyembah dapat menghabiskan kehidupan akhirat yang penuh kebahagiaan. Vaikuntha mengacu pada keadaan tidak memiliki keinginan.

Dengan demikian, dengan mengucapkan mantra ini, seseorang dapat membebaskan dirinya dari keinginan akan hal-hal yang bersifat materialistis dan mencapai keselamatan.

4. Vishnu Mangalam Mantra

“मङ्गलम् भगवान विष्णुः, मङ्गलम् गरुणध्वजः।

मङ्गलम् पुण्डरी काक्षः, मङ्गलाय तनो हरिः॥”

“Mangalam Bhagwan Vishnuh, Mangalam Garunadhwajah।

Mangalam Pundari Kakshah, Mangalaya Tano Harih॥”

Artinya:

Mantra tersebut berbunyi, “Bersujudlah di hadapan Dewa Wisnu, bersujudlah di hadapan orang yang memiliki Garuda sebagai kendaraannya. Bersujudlah di depan orang yang memiliki mata seperti bunga teratai, Bersujudlah di depan Hari.

Mantra Wisnu Mangalam adalah mantra yang kuat yang digunakan untuk memohon berkah dari Dewa Wisnu. Dikatakan bahwa siapa pun yang mengucapkan mantra ini dengan tulus dan penuh pengabdian akan diberkati dengan kesehatan, kekayaan dan kemakmuran. Mantra ini dapat diucapkan kapan saja dan di mana saja.

Tidak ada aturan khusus untuk mengucapkan mantra ini. Namun, disarankan untuk mengucapkan mantra ini di tempat yang damai dan tenang di mana Anda tidak akan terganggu.

Mantra Wisnu memberikan perlindungan dari kejahatan, meningkatkan kedamaian dan kesejahteraan, dan membantu individu untuk terhubung dengan yang ilahi. Selain itu, mendaraskan Mantra Wisnu Mangalam dikatakan sebagai cara yang ampuh untuk mencapai pertumbuhan spiritual.

5. Vishnu Gayatri Mantra

ॐ श्री विष्णवे च विद्महे वासुदेवाय धीमहि।

तन्नो विष्णुः प्रचोदयात्॥

Om Shri Vishnave Cha Vidmahe Vasudevaya Dhimahi।

Tanno Vishnu Prachodayat॥

Artinya:

Mantra Wisnu ini berarti, “Izinkan saya bermeditasi pada Dewa Wisnu, Oh, Dewa Vasudeva, beri saya kecerdasan yang lebih baik. Biarkanlah Dewa Wisnu menerangi pikiran saya dengan pengetahuan dan cahaya”.

Mantra Wisnu Gayatri adalah mantra yang sangat dihormati dalam agama Hindu. Mantra ini terdiri dari 24 ayat, yang masing-masing didedikasikan untuk Dewa Wisnu.

Mantra ini dikatakan sangat bermanfaat bagi mereka yang mencari bimbingan dan perlindungan dalam hidup mereka. Dengan mengucapkan berbagai Mantra Wisnu, seseorang dapat terhubung dengan kekuatan dan anugerah Dewa Wisnu.

Mantra Wisnu Gayatri seperti Mantra Gayatri lainnya memiliki kekuatan untuk menghilangkan rasa takut seseorang dan membawanya lebih dekat dengan kenyataan.

Mantra ini dikatakan sebagai salah satu mantra yang paling kuat dan dikenal untuk memberikan berbagai manfaat bagi mereka yang membacanya secara teratur.

Itulah doa yang bisa digunakan untuk memuja Dewa Wisnua. ***

ikuti kami di Google News