Mitos Tuyul Dan Cara Menangkalnya

Tuyul adalah sejenis mahluk halus yang berwujud anak-anak ,tuyul ini bisa dimanfaatkan atau diperintahkan oleh pemiliknya (pemeliharanya) untuk mencuri uang. Dalam mencuri uang ,tuyul mempunyai ciri khas dimana dia tidak pernah mencuri uang dalam jumlah banyak pada satu tempat namun mencicil sedikit-sedikit dan melakukannya dibanyak tempat. Misalnya ketika dia melihat tumpuka n uangsebanyak 100 lembar di suatu tempat , maka dia cuma mengambil satu lembar saja dan kemudian melakukannya lagi di tempat lain. Hal ini yang menyebabkan pemilik uang kadang tidak menyadari  kalau uangnya berkurang.

Tuyul ini biasanya dipelihara oleh seseorang yang ingin cepat kaya tanpa harus kerja keras. Tuyul bisa didapatkan melalui ritual tertentu atau untuk gampangnya bisa membeli pada orang pintar. Pada dasarnya sebagaimana halnya anak-anak,tuyul itu tidak suka bekerja dan dia lebih suka bermain dan bersenang-senang. Namun atas ikatan kerja dengan syarat-syarat tertentu,dia mau melakukan pakerjaan mencuri uang untuk majikannya. Syarat-syarat itu bisa berupa janji  untuk memenuhi kebutuhan tuyul itu sehari -hari sepserti menyediakan makanan kesukaannya (bisa berupa  ASI manusia,darah,kemenyan,dan lain sebagainya sesuai dengan jenisnya),mengajaknya bermain-main,melakukan ritual tertentu untuk hari-hari tertentu dan bahkan bisa meminta tumbal nyawa orang-orang yang disayangi oleh pemiliknya.

Dalam melakukan tugasnya,tuyul atas arahan majikannya biasanya memiliki kode etik tertentu,  misalnya:

  • Tidak boleh mencuri uang tetangga majikannya,agar kedoknya tidak cepat ketahuan
  • Tidak boleh mencuri uang dalam jumlah besar dalan suatu tempat, agarmodus operasinya tidak mudah terbongkar.
  • Tidak mencuri uang di bank atau toko mas karena tempat-tempat seperti itu biasanya sudah dipagari “Tolak Bala” oleh pemiliknya.

Mencari harta dengan cara memelihara Tuyul adalah jalan pintas untuk menjadi kaya (mencari pesugihan),namun cara ini sebenarnya tidak dianjurkan dan tidak dibenarkan oleh ajaran Agama,Agama apapun itu karena disamping merugikan orang lain, cara ini adalah cara serakah (Loba) serta menghalalkan segala cara yang bertentangan dengan ajaran Agama .Ketidakmampuan  sipemilik memenuhi kewajibannya terhadap Tuyul peliharaannya bisa menyebabkan celaka dan bahkan kematian secara tidak wajar.

CARA MENANGKAL TUYUL MASUK RUMAH

Dianjurkan untuk menenam jenis tanaman berikut ini untuk menangkal tuyul masuk rumah seperti Pohon jahe di dalam pekarangan rumah, Pohon Tulak (atau bisa juga Walisongo) di depan rumah, karena jenis tanaman tersebut dipercaya memiliki aura gaib yang tidak disukai oleh Tuyul dan mahluk halus lainnya yang baersifat jahat.  Cara lainnya tentu dengan memohon bantuan orang pintar untuk membuatkan pagar gaib (niskala) terhadap pekarangan rumah anda untuk menangkal Tuyul masuk rumah.

BAGAIMANA CARANYA AGAR TUYUL TIDAK MENGAMBIL UANG?

Agar Tuyul itu tidak mencuri uang pada tempat anda menyimpan uang (di dompet, brankas, almari, laci dan lainnya), maka lakukanlah hal-hal berikut ini:

  • Taruhlah bawang merah yang ditusuk dengan jarum pada tempat menyimpan uang. Tuyul tidak menyukai aroma bawang merah yang bisa menyebabkan matanya perih dan bila dia tetap nekat masuk maka ada  kemungkinan tangannya tertusuk jarum,yang menyebabkan dia trauma untuk datang lagi ke tempat itu
  • Taruhlah cermin kecil di tempat menyimpan uang.Tuyul itu suka bermain, melihat cermin maka dia akan sibuk,asik memainkannya sehingga  menyebabkan dia lupa mencuri uang.
  • Taruhlah kacang hijau butiran (lebih dari sepuluh butir) di tempatmenyimpan uang. Sebagaimana halnya anak-anak, dia akan coba bermain dan menghitung jumlah kacang hijau itu dan karena kemampuannya berhitung tidak biasa melebihi bilangan sepuluh maka dia akan kebingungan dan akhirnya lupa mencuri uang.
  • Cara lainnya bisa dengan cara menaruh kepiting hidup (yuyu kangkang) dalam sebuah baskom yang ada airnya di dekat tempat menaruh uang.Tuyul suka bermain-main dengan kepiting dan kalau sampai tangannya dijepit oleh kepiting itu maka dia akan kesakitan dan lari tunggang- langgang.

Anda bisa memilih salah satu diantara cara di atas atau mengkombinasikan beberapa diantaranya atau bahkan semuanya. Percaya atau tidak, silahkan coba.

PERINGATAN 

Jika anda melihat seseorang berlaku aneh sedang melihat rumah anda dengan posisi melipatkan tangan ke belakang punggungnya ( masekeling ), maka anda patut mencurigai orang tersebut sedang menggendong tuyulnya sambil berjalan-jalan mengamati situasi rumah anda.

sumber: puragunungsalak, dewisundari, kisahasalusul

error: