Mitos Anjing Melolong Pada Malam Hari

Kita sudah umum mendengar anjing menggonggong yang sering dianggap bentuk pengenalan terhadap sesuatu yang baru di kenal  atau asing dalam identifikasi indra penciumannya, juga dapat diartikan bentuk komunikasi dengan manusia. Tak jarang pula terdengar anjing melolong panjang pada malam hari, ilustrasi ini sering dipakai sebagai latar dalam pembuatan film horor yang biasanya mengambil suasana alam pedesaan yang masih natural karena lolongan anjing mempunyai aura mistik tersendiri yang mampu membuat bulu kuduk berdiri dan menimbulkan sensasi ngeri yang alami. Entah mengapa pada komunitas masyarakat terbentuk mitos yang dipercaya sejak zaman nenek moyang kalau lolongan anjing terutama pada malam hari identik dengan kemunculan makhluk halus dan sejenisnya, kita tak pernah tahu secara pasti kebenaran  mitos ini dan untuk itulah kita perlu sidikit menguak rahasia di balik mitos ini dari pendapat beberapa pakar .
MENURUT DOKTER HEWAN :
Dalam dunia veteriner kita mengenal anjing sebagai hewan dengan indra penciuman dan pendengaran yang tajam karena itulah anjing dimanfaatkan badan kepolisian sebagai anjing pelacak  membantu dalam mengungkap  kasus kriminalitas.  Berkaitan dengan itu lolongan anjing  panjang  maupun pendek baik pada waktu siang atau malam hari merupakan natural behaviour sebagai bentuk komunikasi antar species. Sebagai contoh anjing betina yang sedang birahi menghasilkan pheromone ( aroma khas yang membuat anjing jantan tertarik ), karena indera penciumannya yang tajam maka anjing jantan akan melolong panjang sesuai dengan arah datangnya rangsangan yang diartikan dia telah menerima informasi tersebut meskipun dia tak tahu dimana keberadaan anjing yang sedang birahi itu. Pada malam hari lolongan panjang anjing merupakan bentuk pertukaran informasi antar sesama anjing yang juga sedang melolong di suatu tempat dan kita tidak akan pernah dapat mendengarnya karena anjing mampu mendengar gelombang suara yang tidak terdengar manusia  meskipun letak keduanya berpuluh – puluh kilometer. Dengan demikian lolongan anjing merupakan bentuk komunikasi antar species dalam penyampaian dan pertukaran informasi.
MENURUT PELATIH ANJING :
Anjing  breed tertentu dapat dilatih sebagai anjing penjaga, anjing pelacak, anjing sirkus hingga anjing toys sehingga memiliki nilai lebih dalam acara dog show, dari sinilah peran serta pelatih anjing mulai diperhitungkan dalam dunia veteriner. Agar tujuan tersebut dapat dicapai harus terjadi interaksi antara pelatih dengan anjing, bentuk respon yang diberikan anjing terhadap instruksi yang diberikan pelatih adalah baik dengan gerak tubuh maupun dengan menggonggong atau melolong dan ini merupakan kebiasaan yang natural. Beberapa anjing memiliki kepekaan yang tinggi dibanding breed lain dalam hal indera pendengaran sehingga lebih peka terhadap rangsangan suara yang asalnya dari jarak cukup jauh, anjing melolong panjang pada malam hari merupakan bentuk respon terhadap anjing lain yang juga melolong di tempat lain.
MENURUT PARANORMAL :
Dalam dunia supranatural anjing dianggap hewan dengan insting paling tajam yang dapat mengetahui kaberadaan mahkluk halus dan lolongan panjang anjing pada malam hari mengisyaratkan kemunculan bangsa dari dunia gaib. Anjing memiliki rasa takut yang sama dengan manusia jadi bentuk ekspresi dari rasa takut akan kehadiran mahkluk halus tersebut adalah dengan melolong  panjang dan ada juga yang hanya terdiam tapi ketakutan. Jika kita mendengar anjing peliharaan di rumah melolong di tengah malam coba perhatikan arah pandangan anjing  tersebut maka dari sanalah arah kehadiran mahkluk gaib.
sumber: lovemistic, zufitemplate
error: