Cerita Ilmu Leak “Camre Berag”

Camre Berag merupakan tingkatan ilmu pengleakan yang sudah sangat tinggi. Dalam tingkatan ini orang yang sudah menguasainya dapat merubah wujudnya menjadi seekor anjing kecil (camre) kurus (berag) yang lehernya diikat dengan rantai dimana ujung rantai satunya lagi diikatkan ke sebilah bambu. Tingkatan ini sangat susah dicapai karena memerlukan ketekunan dan pengorbanan dalam mempelajarinya. Kisah yang akan diceritakan akan berkaitan dengan Camre Berag yang dialami oleh Pekak R waktu masih muda. Cerita berikut dilansir dari puragunungsalak.com. 
Pekak R sendiri merupakan seorang penekun spiritual yang tinggal di perbatasan antara Klungkung dan Gianyar. Suatu saat Pekak R didatangi oleh temannya yang lagi kena musibah, sebut saja namanya Gung B. Musibah yang dialami adalah anak perempuan dari Gung B dilarikan seorang lelaki (melegendang – istilah Bali untuk laki-laki yang melarikan cewek untuk dinikahi paksa) untuk dipaksa menjadi istri. Anak dari Gung B sebenarnya sudah mempunyai pacar sehingga tidak suka terhadap lelaki yang melarikannya.
Untuk meminta secara langsung anak dari Gung B tersebut dikhawatirkan akan terjadi pertumpahan darah. Maka diputuskan untuk mengambilnya dengan cara halus, yaitu mengerahkan pasukan leak untuk membikin seisi rumah si lelaki tertidur.

Berbagai usaha pengerahan pasukan leak tidak membawa hasil karena ternyata yang menjaga si perempuan adalah seorang yang mumpuni sebut saja namanya Mangku T. Ilmu sirep yang digelar untuk membikin tidur seisi rumah tidak mampu membikin mangkut T tertidur. Dengan putus asa maka Gung B mencari pertolongan ke Pekak R.

Pekak R kemudian mengatur strategi dan langsung menghubungi temannya yang lain sebut saja namanya Mangku J yang tinggal di pesisi pantai untuk ikut membantu mengatasi Mangku T yang sangat sakti tersebut. Merekapun membagi tugas dengan dibantu oleh sanak kelaurga Gung B yang lain.

Pada hari yang telah ditentukan, Mangku J berubah wujud menjadi Camre Berag (anjing kecil kurus), dengan suaru kaing-kaing yang menyayat hati karena lehernya dirantai dan menarik bambu besar, maka camre berag berusaha mengitari rumah tempat anak Gung B disekap. Suasana menjadi sangat menggiriskan hati, lingkungan tempat si cewek disekap menjadi sangat sunyi, yang ada cuman suara Camre Berag yang terkaing-kaing menyayat hati. Camre berag melontarkan ajian sesirep tingkat tinggi agar seisi rumah menjadi tertidur.

Setelah beberapa kali Camre Berag mengitari rumah tersebut, maka Pekak R dan sanak saudara Gung B merasa sudah saatnya untuk mmemasuki rumah tersebut. Setelah mereka sampai di dalam yang terlihat adalah banyak orang yang tertidur sangat pulas termasuk Mangku T yang menjadi andalan keluarga si Cowok.
Dengan sukses akhirnya anak perempuan dari Gung B bisa diambil kembali dan dibawa ke rumah orang tuanya oleh Pekak R dan kawan-kawan berkat bantuan dari Mangku J yang berubah menjadi camre Berag.

sumber: puragunungsalak, yooying, leakbali
error: