Sekilas Tentang I Nyoman Durpa Dan Padepokan Dwi Mekar

Topeng Bondres merupakan dramatari yang semua pemainnya (penarinya)  menggunakan topeng (penutup wajah). Alur ceritanya lebih banyak mengambil cerita rakyat pada umumnya, kadangkala diselingi dengan banyolan-banyolan(lawakan) lucu yang menghibur, membuat penonton tertawa. Di Bali ada salah satu sangar tari yang terkenal akan bondresnya yaitu Dwi Mekar.

Padepokan Seni Dwi Mekar didirikan pada tahun 1991 di Singaraja (Bali Utara) oleh  I Nyoman Durpa. I Nyoman Durpa yang pernah sebagai wakil bupati Bangli ini terjun ke dunia seni berawal dari warisan leluhur dan belajar dari seniman tua, sehingga pernah mengenyam pendidikan ke ASTI yang kini berubah menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dengan menyandang gelar sarjana muda.Beliau saat ini masih aktif sebagai pemain bondres. Sanggar Dwi Mekar beralamat di Jln. Komodo Gg.Kedongdong Singaraja-Bali.

I Nyoman Durpa dengan istrinya Ibu Mas Swandewi memiliki putra bernama Gede Pande Olit yang juga sebagai Pengajar dan Penggarap tabuh di Sanggar Dwi Mekar. Namun, pada hari ini tanggal 15 November 2016 masyarakat Buleleng pada khusunya sedang diliputi duka, pasalnya pendiri sanggar Dwi Mekar yang yang terkenal dengan toko “Susi”,  bapak Nyoman Durpa telah meninggal dunia. Amor Ring Acintya, semoga amal dan baktinya diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa.

sumber: mertayanisri, cerik2dm

error: