Mitos Gendongan Sembuh Dengan Ubi Putih

OrtiBali – Penyakit gondok adalah pembesaran yang abnormal pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher tepat di bawah jakun. Meskipun penyakit gondok biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sebuah gondok yang besar dapat menyebabkan batuk dan membuat sulit bagi untuk menelan atau bernafas, serta rasa panas yang tidak nyaman.

Di Bali saat seseorang terkena penyakit tersebut para tetua biasanya menyarankan untuk menggunakan ubi putih sebagai obatnya. Ubi putih diparut lalu hasil parutannya ditempelkan pada leher yang terkena gendongan, hal itu dipercaya sebagai obat penyembuh, karena setelah menempelkan parutan ubi jalar, gendongan akan semakin mengecil.

Namun dibalik hal itu sebenarnya penyakit gondongan akan sembuh dalam waktu 7 hari tergantung pada tingkat imunitas tubuh seseorang, tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit gondongan ini hanya menyerang sekali seumur hidup dan selanjutnya akan membentuk sistem kekebalan terhadap penyakit ini. Ubi putih yang diparut hanya memberikan sensasi rasa sejuk yang membuat si penderita gendongan lebih nyaman. Jadi tanpa ubi putih atau obat-obatan pun, gendongan akan sembuh dengan sendirinya.

error: